Kumpulan ras dalam dunia fiksi

List berdasarkan pengetahuan Dunia fiksi penulis, tentu masih banyak ras fiksi yang belum masuk disini. Gue ambil deskripsi dari berbagai macam sumber plus digabung dengan tafsir gue sendiri hehehhee, jadi klo ada yg salah mohon dikoreksi (^,^) dan banyak karakter dibawah ini yang di masukkan kedalam cerita dongeng fiksi pop culture saat ini!

 

UPDATE KONTEN KLIK Gambar Keren Sasuke Uchiha

 

Lore Hero Hero Dota 2

 

 *referensi : World of warcraft, lord of the ring, magic the gathering, Narnia,Final fantasy series, marvelcomic etc..

  1.  Angel (malaikat) 

Ras ini sudah sangat dikenal oleh semua orang, hampir diberbagai macam agama dan mitologi terdapat ras malaikat ini (Angel). Dalam berbagai karya fiksi, angel sering digambarkan dengan bentuk manusia suci dengan memiliki sayap besar ciri khasnya. Dalam agama-agama samawi, angel disebutkan sebagai perantara Tuhan kepada dunia manusia (bumi).

Kumpulan ras dalam dunia fiksi
ras fiksi angel

 

Beberapa kalangan menganggap bahwa angel merupakan perwujudan dari para penghuni langit diluar bumi. Angel yang banyak dikenal contohnya.  malaikat maut, dan lainnya. Sering juga Angel dikaitkan dengan cinta seperti cupid angel dan sejenisnya...     

 

Kumpulan ras dalam dunia fiksi
fallen angel

            

             
Ras ini juga memiliki turunannya yang biasa disebut dengan, “Fallen Angel”
Jika angel digambarkan sebagai makhluk yang taat dan patuh terhadap perintah Tuhan, Fallen Angel justru kebalikannya. Mereka membelot dan bergerak sendiri atas kemauan mereka.
Kalau menurut tafsir gue sih,  Fallen Angel ini merupakan sisi gelap dari Angel. Pada umumnya fallen Angel memiliki semua atribut yang dimiliki oleh Angel , itu sebabnya gue masukin dia di ras Angel juga (ga mau ribet soalnya wkwkkw).

Fallen Angel yang terkenal antara lain, Adramelech, Azazel, Avnas/Amy,Vual
                  

2.      Demon/Daemon

Kumpulan ras dalam dunia fiksi
ras demon

Biasa dikenal dengan sebutan “iblis”, ras satu ini pada awalnya berdiri sejajar dengan para angel, namun karena dia membangkang akhirnya dikutuk oleh Tuhan. Berbeda dengan Fallen angel, entitas demon lebih berdiri sendiri. Dalam cerita fiksi fantasy, demon sering dikisahkan sebagai sumber segala masalah yang ada di bumi. Memiliki legiun kematian sebagai pasukan untuk menjerumuskan para makhluk yg ada di bumi....

Tokoh para demon : morgoth (Lord of the ring), Astaroth, Bael, jenova (final fantasy)



3.      Demigod

Kumpulan ras dalam dunia fiksi
ras demigod

Nah ini dia nih ras yang mirip lagunya iwan fals, manusia setengah dewa (^.^).
Ras manusia setengah dewa(demigod) ini tumbuh dari mitologi yunani dengan konsep para dewa mereka (god). Mereka adalah manusia biasa (mortal) dengan kemampuan para dewa.
Tokoh demigod yang terkenal : hercules, achilles, perseus.

                                                    
 4.   Dewa (god)
 
Kumpulan ras dalam dunia fiksi
zeus

 
Makhluk suci sebagai penghuni langit dalam beberapa mitologi dunia, memiliki beraneka ragam bentuk, namun pada umumnya biasanya berbentuk manusia. Kekuatan mereka diatas makhluk bumi lainnya. Para dewa biasanya memiliki wilayah kekuasaan masing-masing(air,udara,gunung,dll) dan memiliki tugas untuk menjaga keseimbangan dunia.

 
Kumpulan ras dalam dunia fiksi
hades
 
Dewa-dewa yang terkenal antara lain : Zeus, hades, poseidon, thor, odin raiden (mortal kombat series), dll....
 

5.      Dragon

Kumpulan ras dalam dunia fiksi
dragon

Wujud dari ras ini menyerupai reptil dengan tubuh yang sangat besar, beberapa mitologi menceritakan bahwa ras ini hidup duluan daripada ras manusia. Salah satu ras kuno yang banyak dikenal sampai sekarang.

 
Kumpulan ras dalam dunia fiksi
ras dragon
 
Contoh Dragon yg terkenal : Smaug (the hobbit), deathwing (warcraft), spyro,bahamut, dll...
Lihat video smaug dibawah ini guys keren banget tonton ampe abis deh...
 


6.      Dwarf
 
Kumpulan ras dalam dunia fiksi
dwarf

 
Ras dengan ciri khas tubuh cebol ini merupakan ras yg cukup sering muncul di cerita-cerita fantasy. Penampilan yg sama seperti manusia dengan tubuh yg lebih kecil, dan biasanya berjanggut lebat. Ras ini sering digambarkan memiliki keahlian dalam hal tambang menambang, serta membuat berbagai macam senjata dan armor. Biasanya armor dan senjata terkuat itu dibuat oleh ras ini dengan olahan material yg mereka punya.

Kumpulan ras dalam dunia fiksi
dwarf
 
 
Contoh dwarf yang terkenal : Gimli, Thorin Oakenshield (LOTR), Dori,Oin,kili (the hobbit)
 
 

 7.      Djinn
 
Kumpulan ras dalam dunia fiksi
djinn

 
Ras supranatural yang hidup berdampingan dengan ras manusia, mampu bergerak sangat cepat, dan mampu merubah bentuknya. menurut beberapa keyakinan, ras ini lebih dahulu diciptakan sebelum ras manusia. Djinn fantasy yg terkenal : Genie (Aladin disney), ifrit (finalfantasy series), Djinn (wishmaster movie)

8.      Elf/Elves

 

Kumpulan ras dalam dunia fiksi
elf

Ras paling sering muncul dalam kisah fantasy, biasanya tinggal di daerah hutan dan pegunungan. Ras ini sering digambarkan sebagai ras pertama yang ada dibumi, sebelum ras manusia dll. Sebagian orang menganggap ras mereka sebagai ras “peri”, dikarenakan mereka sering tampil dengan tubuh penuh cahaya disekitarnya (lampu kali ya...!) 
 
 
Buat gue ras ini salah satu ras yg cabangnya paling ribet, contoh: night elf, snow elf, blood elf, half-elf, dll (ribet kan wkkwkw)
 
Tokoh elf yg mainstream : Legolas (LOTR), luna moonfang (dota), mirana (dota lg ^^)


9.      Goblin 
 
Kumpulan ras dalam dunia fiksi
goblin
 
 
Ras paling nyebelin nih klo menurut gue, suka nyolong, klo brantem keroyokan, serakah, dll. Masuk dalam kategori ras antagonis nih klo di cerita fantasy. Secara garis besar, ras ini cukup diperhitungkan dengan jumlah mereka yg selalu berkelompok.
 
10.  Gnome
 
Kumpulan ras dalam dunia fiksi
gnome

 
Sering dikenal dengan sebutan kurcaci (gnome), dengan ciri khas bertubuh kecil, hidup didalam sebuah rumah pohon. Banyak kisah fiksi yang mengangkat tentang para kurcaci ini, seperti dongeng 7 kurcaci, leprechaun (versi jahatnya kurcaci).

11  Human
 
Ras yang paling sering terlibat didalam sebuah cerita fantasy (harus terlibat....!) Sering dikisahkan bukan ras pertama yg menghuni bumi. Ras dengan cabang job fantasy terbanyak : pirate, sorcerer, wizard, knight, rider,dll... 
 
Kumpulan ras dalam dunia fiksi
knight

 
 
Wakil ras human yg kuat : knight davion (dota), purist thunderwraith (dota), Aragorn (LOTR)


11   Orc 
 
Kumpulan ras dalam dunia fiksi
orc
 
 
Ras yang sering digambarkan suka merusak, suka berperang, dan rakus. Orc selalu dikisahkan sebagai ras yang kuat, menguasai teknik berperang, dan sangat agresif. Contoh dari ras Orc : Thrall (warcraft), mogul khan (dota), yunero (dota)

11   Troll
 
Kumpulan ras dalam dunia fiksi
troll

 
Ras ini hampir mirip dengan goblin dan orc, klo gue liat sih ini ras berada ditengah-tengah antara goblin dan orc. Dari segi fisik troll ga sebesar orc tapi lebih besar dari para goblin. Contoh yg sudah dikenal : troll warlord (dota),huskar (dota)


1     Centaur
 
 
Kumpulan ras dalam dunia fiksi
ras centaur
 
Salah satu ras yang paling gagah, dan dikenal sebagai ras yang hobi bertarung. Mereka menganggap bertarung itu sebagai sebuah olahraga dikalangan centaur ini. Perwujutan antara setengah manusia dan setengah kuda ini, memiliki mobilitas serta kekuatan yang sangat dahsyat. Beberapa contohnya : centaur warrunner (Dota), chiron (greek mythology).


11Slithereen
 
Kumpulan ras dalam dunia fiksi
slithereen

 
Ras penghuni bawah laut, mampu berjalan didarat dengan bentuk fisik sebagian badannya yang seperti sirip ular. Ras yang termasuk cukup maju dari segi kemampuan yang mereka miliki. Contoh ras ini : Slardar (dota), naga siren (dota)

11  Giant
 
Kumpulan ras dalam dunia fiksi
giant

 
Ras ini memiliki ciri bertubuh besar tinggi diatas tinggi ras manusia biasa, namun masih dibawah dari para titan. Buat gue ini ras yang sangat klasik jauh dibandingkan ras elf. Biasanya mereka tinggal di goa-goa, atau di lereng gunung. Ada banyak jenis turunan dari ras ini seperti, fros giant, mountain giant, forest giant, dll...*sama ribetnya kaya elf  (T_T)

11   Titan
 
Kumpulan ras dalam dunia fiksi
titan

 
Nah ini dia ras yang lebih gede dari para giant.... Bisa sebesar gunung wujudnya, ras manusia mah tinggal dipencet doang ama nih Titan. Dalam mitologi yunani, ras ini lah penghuni pertama bumi, sebelum akhirnya kekuasaan mereka digulingkan.
Contoh dari para titan : kronus, Gaia, Uranus
 


       Alien
 
Kumpulan ras dalam dunia fiksi
alien vs predator
 
Ras fiksi yg udah banyak sering ditemui, bentuknya juga macem-macem, ada yg kya monster, sampai yg mirip manusia juga ada (rakus nih rasnya semuanya ada.) Karakter ikonik dari ras ini tentu saja Xenomorph, yautja, celestial,..
 

Ras pohon 
 
Kumpulan ras dalam dunia fiksi
ras treant

 
Mereka merupakan bangsa yg memang berbentuk pepohonan. Dilihat dari segi umur, ras ini tergolong ras yang paling tua. Bahkan ras ini hadir sebelum ras-ras yang lainnya terbentuk. Mereka sangat tertutup, dan juga sangat kuat ketika berperang. Ras yang cukup disegani jika wilayahnya dalam bahaya.  Contoh ikonik dari ras ini : bangsa ent (Lord of the ring), rooftrellen (dota)

 Deep One
 
Ras ini muncul pertama kali dalam cerita fiksi " Shadow over innsmouth" karya H.P lovecraft. Semenjak itu ras deep one banyak menginspirasi cerita fiksi-fantasy modern. Sering digambarkan sebagai sosok manusia ikan/ manusia setengah ikan....

Kumpulan ras dalam dunia fiksi
deep one

 
Tokoh yang terkenal dari ras ini : Slark (dota), Cthulhu, Dagon (shadow over innsmouth)

Undead
Nah ini dia ras yg sempet kelupaan dimasukin hehehe. Ras undead merupakan kumpulan makhluk yang sudah mati. Bisa dibilang setiap ras yang lain mati lalu dihidupkan lagi maka mereka termasuk undead races. Biasanya ras undead berafiliasi dengan para demon/daemon untuk membentuk sebuah pasukan kematian (legion of death). 
 
Kumpulan ras dalam dunia fiksi
undead

 
Tokoh undead yg terkenal : arthas (frozen throne), lich king, chillwal, pudge,


22. Skaven
ras ikonik dari salah satu game terkenal warhammer ^^. Merupakan ras tikus yang mampu berkembang secara lebih maju lagi. Terpecah menjadi beberapa klan dengan karakteristik kekuatan masing-masing. Termasuk ras yang unik karena jarang sekali tikus dijadikan objek fiksi yang powerfull....

Kumpulan ras dalam dunia fiksi
skaven

 
tokoh yang sudah dikenal : Deathmaster snikch, vermin lord, lord kritislik

Oke guys itulah tadi beberapa ras fiksi yang berhasil dikumpulkan sejauh ini, jika masih penasaran bisa lihat part2 ya (^_^)

Jenis Makhluk Fantasi

Ras Fiksi

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Darth Vader Sith Lord Terkuat