Kraken Si Monster Fiksi Penguasa Lautan

Tentang Kraken Si Penguasa Lautan

Kraken Si Monster Fiksi Penguasa Lautan
 
Siapa sih yang ga kenal monster fiksi yang satu ini, sudah banyak karya-karya fiksi yang mengangkat kisah tentang makhluk laut ini. Menurut berbagai sumber, Kraken merupakan makhluk mitologi yang berasal dari wilayah Skandinavia (Norway, Greenland, Swedia,dll). Berbagai literatur fiksi menggambarkan Kraken sebagai sesosok monster yang menyerupai
cumi-cumi raksasa, dan gurita raksasa, selain itu juga terkadang Kraken digambarkan seperti sesosok ular besar atau seperti seekor serpent laut. Apapun itu bentuknya, Kraken tetaplah monster fiksi berukuran besar dengan bentuk yang sangat menakutkan....

Kraken Si Monster Fiksi Penguasa Lautan

 

Bentuk Dan Karakteristik Kraken si Penguasa Lautan

Kraken Si Monster Fiksi Penguasa Lautan
 
Kraken memiliki ukuran tubuh yang sangat besar, beberapa sumber (wiki mythology) mengatakan sekitar 12-15 meter. Selain itu makhluk fiksi ini juga sering digambarkan memiliki ukuran yang setara dengan kapal laut yang berukuran besar.
 
Kraken Si Monster Fiksi Penguasa Lautan
 
Dikisahkan juga bahwa Kraken hidup didasar laut terdalam, dan sebagai penguasa di 7 lautan dunia. Sering menyerang kapal-kapal pedagang yang sedang melintas, dan biasanya kemunculannya ditandai dengan pusaran air laut secara tiba-tiba.
 
Kraken Si Monster Fiksi Penguasa Lautan
 
 
Dalam mitologi Skandinavia Kraken digambarkan sebagai monster fiksi yang berdiri sendiri, itu artinya makhluk ini memang benar-benar menghuni laut, dan tidak terikat oleh makhluk lainnya. Sedangkan dalam budaya pop-culture fiksi, Kraken sering diperlihatkan memiliki pemimpin/ majikan. Itu sebabnya banyak sekali literatur fiksi yang memperlihatkan sosok tokoh antagonis memanggil-manggil Kraken untuk mengalahkan para hero didalam cerita.

Kraken Dalam Karya Fiksi Pop-Culture

Kraken Si Monster Fiksi Penguasa Lautan
 
Konsep Kraken sebagai monster ganas penguasa lautan banyak diserap oleh beberapa kelompok untuk memunculkan kembali sosok monster ini dalam dimensi yang berbeda, sebagai contoh dalam novel Twenty thousand league under the sea (Jules Verne)
 
 
Kraken digambarkan berupa cumi raksasa yang berada didasar laut dan selalu menyerang siapa saja yang masuk wilayahnya. Selain itu beberapa lukisan kuno jaman dulu juga sering menggambarkan sosok Kraken yang sedang menghadang para perahu pedagang dilautan lepas. 
 

 Seiring berkembangnya waktu, konsep Kraken juga banyak berubah. Seperti contohnya dalam games God of War II, Kraken di games ini digambarkan seperti sosok gurita dengan wujud monster berukuran sebesar bangunan kuil.
 
monster laut
 
 
Terlalu ikoniknya karakter Kraken ini, sampai-sampai tidak luput dari perhatian beberapa film hollywood, seperti antara lain dalam film Pirates Caribbean : Dead’s man Chest, wujud Kraken juga muncul di film mitologi Yunani clash of the Titans.
 
Kraken Si Monster Fiksi Penguasa Lautan

Khusus untuk film Pirates Caribbean, Kraken dikisahkan merupakan sosok monster laut yang dipanggil oleh Davy Jones untuk menghancurkan kapal-kapal musuh, agar dia dapat mengumpulkan arwah-arwah yang akan menjadi kru kapalnya.
 
Sebagai pemimpin arwah di lautan, Davy Jones mampu memberikan perintah kepada makhluk ini sesuai keinginannya. Biasanya Kraken dipanggil ketika Davy Jones kewalahan menghadapi musuh, atau ingin cepat-cepat menghancurkan mereka semua.
 
 
monster laut
 
 
Film Pirates Caribbean memberikan contoh sangat jelas tentang ilustrasi Kraken ini. Dari ketika monster ini akan muncul, hingga proses bagaimana Kraken menghancurkan sebuah kapal perang dalam kemunculannya. 

Monster Fiksi Kraken Dalam Clash Of The Titans

Kraken Si Monster Fiksi Penguasa Lautan
 
Berbeda dengan Pirates Caribbean, Kali ini Kraken dimunculkan dalam balutan unsur mitologi dewa-dewa Yunani. Dalam film Clash of The Titans ini, Kraken digambarkan sebagai anak buah dari dewa Hades si penguasa underworld. Dewa tertinggi Zeus memberikan izin kepada Hades untuk melepaskan Kraken sebagai balasan atas pembangkangan yang dilakukan oleh penduduk kota Argos. 
 
Kraken Si Monster Fiksi Penguasa Lautan
 
Hades melepaskan Kraken dari tempat tinggalnya dibawah lautan, dan dalam seketika gelombang besar terjadi menandai kemunculan sang monster laut ini. Kraken di film ini ditampilkan agak sedikit berbeda dengan karya sebelumnya.
 
Kraken Si Monster Fiksi Penguasa Lautan
 
Seperti yang sudah disinggung diatas, bahwa Kraken biasanya digambarkan seperti cumi atau gurita raksasa, namun di film ini Kraken diperlihatkan seperti sosok monster berbadan besar dengan tentakel dipunggungnya. 

Bisa dilihat pada gambar Kraken dalam Clash of The Titans diperlihatkan seperti sebuah raksasa dengan wujud monster, dan siap menghancurkan apa saja yang sudah diperintahkan oleh Hades sebelumnya.

 
 
Secara keseluruhan Kraken merupakan makhluk fiksi yang sangat legendaris, bahkan hingga detik ini mitos tentang Kraken masih terus berkembang. Hmm.... tapi kalau menurut gue sih karakter Kraken lebih keren sebagai sosok monster laut yang berdiri sendiri, seperti dalam kisah novel Jules Verne.
Oke itulah tadi sedikit ulasan tentang Kraken si monster fiksi penguasa Lautan, masih banyak lagi makhluk fiksi lainnya yang seru untuk dikupas lebih dalam, jadi jangan lupa ya untuk ikuti terus kelanjutannya.... ^_^