Undead Ras Fiksi Penguasa Kegelapan

Ulasang Tentang Ras Fiksi Undead


ras undead

Ras fiksi undead tidak bisa lepas dalam sebuah karya fiksi modern saat ini, banyak elemen-elemen undead yang sering dimasukkan kedalam sebuah karya semisal, games, novel, komik, maupun seni lukis. Dalam beberapa literatur mitologi, dijelaskan bahwa ras ini lahir dari percobaan sihir atau

mantra-mantra kuno untuk memanggil arwah yang sudah mati. Ada juga yang menggunakan semacam ilmu hitam untuk membangkitkan orang yang sudah mati, atau semacam bersekutu dengan iblis dengan imbalan mendapatkan kekuatan kegelapan tersebut. 

ras undead

Intinya sih konsep ras undead ini merupakan sebuah kelompok dari makhluk yang sudah mati lalu dihidupkan kembali. Biasanya paling sering digambarkan ras ini muncul dari hasil persekutuan dengan iblis maupun dari sihi hitam sejenisnya. Tapi ada juga konsep undead yang dibangun awalnya dari sebuah penelitian ekstrim yang menyimpang, contohnya novel Frankenstein yang mengisahkan tentang percobaan menghidupkan mayat melalui perantara pengetahuan.

 

Karakteristik Ras Undead

ras undead

Seperti yang sudah pernah dibahas di kumpulan ras fiksi sebelumnya, bahwa ras undead ini biasanya merupakan kelompok dari ras demon itu sendiri. Dari segi tampilan, ras ini tentu sangat mudah dikenali, dengan corak nuansa gelap disetiap kehadirannya, dan pasti sering digambarkan sebagai kelompok antagonis dalam suatu karya fiksi

ras undead


Mereka semacam ras yang hidup dibawah permukaan, yang hendak mengambil alih dunia dan mengubahnya menjadi bangsa mereka secara keseluruhan. Fokus utama ras ini biasanya ingin mengubah tatanan kehidupan menjadi dunia yang penuh dengan kegelapan dan kematian. Musuh utama ras ini biasanya adalah para ras human, elf, ras pohon, dan semua makhluk yang ada dipermukaan. 


Beberapa konsep karakter ras undead antara lain :

 
1. Biasanya tidak memiliki pasukan yang banyak diawal kemunculannya
2. Menghasut ras-ras lain untuk saling bertempur, setelah semua itu terjadi baru mereka muncul ke permukaan membawa serdadu kematian.
3. Memiliki tokoh kunci untuk membangkitkan kelompok mereka, seperti penyihir kegelapan, atau seorang ksatria yang jatuh dalam jurang kegelapan.
4. Ambisi, ketakutan, serta dendam menjadi DNA dari kelompok ini untuk menghasut para calon pembangkit ras undead.

Kekuatan dan Kelemahan Ras Undead

ras undead

Setiap kelompok atau ras tentu memiliki atribut khas masing-masing, baik itu cara mereka hidup, aktifitas kelompok mereka, maupun tujuan dari kelompok mereka. Masing-masing ras tentu memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing sesuai dengan karakter mereka. Mari kita lihat kelebihan serta kekurangan dari ras undead ini. 

Kekuatan :

 
1. Ras undead merupakan ras yang paling kuat dalam hal manipulasi kekuatan, baik itu kekuatan kehidupan maupun kekuatan alam semesta.
*Contohnya: membangkitkan makhluk yang sudah mati, atau mengkorupsi jiwa-jiwa makhluk hidup agar berubah sesuai keinginan mereka

2. Memiliki  umur yang panjang, bahkan mungkin mereka bisa menjadi makhluk yang abadi.
3. Memiliki kekuatan bertempur yang kuat baik secara fisik maupun magic.
*Penyihir dari kalangan undead terkenal sangat berbahaya dan sangat merusak, ilmu magis yang mereka miliki jauh lebih mengerikan dibandingkan ras-ras lainnya. 
4. Memiliki jumlah koloni yang banyak, semakin banyak pasukan yang mati, semakin banyak juga pasukan undead ini.

ras undead

Kelemahan :

 
1. Ras undead lemah terhadap energi cahaya suci semacam holy light atau benda-benda suci lainnya. 
*Namun pada prajurit level tinggi senjata semacam itu pengaruhnya tidak signifikan
2. Tidak kuat dalam satuan unit pertempuran, karena mereka kebanyakan adalah makhluk-makhluk yang sudah hilang akal pikiran dan kesadarannya.
3. Rentan terjadi perpecahan dalam kubu undead sendiri
*Ambisi serta kekuatan absolut membuat mereka sering bergerak sendiri-sendiri (pada level atas)
4. Tidak memiliki kecepatan dalam hal membangun pasukan atau kelompok perang 
* para undead biasanya membutuhkan waktu cukup lama agar bisa menjadi kelompok yang kuat, biasanya mereka muncul tidak langsung menampakkan jati diri mereka, lebih memilih untuk membangun pengaruhnya terlebih dahulu baru memulai perang yang mereka inginkan. 

Sebenarnya kekuatan ras ini lebih condong kearah penggunaan ilmu sihir kegelapan, namun ada juga tokoh ksatria yang memilih untuk masuk kedalam jalur hitam ini. Pasukan mereka biasanya terbagi menjadi 3 bagian formasi antara lain :
- Pasukan depan : biasanya diisi oleh prajurit tengkorak (skeleton), atau bisa juga para zombie

- pasukan tengah : biasanya diisi oleh para ksatria kegelapan, para penyihir, atau para monster besar.

-pasukan belakang : Sering kali diisi oleh para wakil pemimpin dalam diri death lord, necromancer, dan sejenisnya. Mereka para pemimpin serdadu undead yang memiliki kekuatan paling kuat diantara pasukan lainnya.

undead knight

Beberapa Gambaran Tentang Ras Undead

ras undead

Sebagai ras antagonis yang sangat ikonik, undead tentu memberikan kesan mendalam bagi setiap penikmat fiksi. Setiap orang tentu akan membenci ras ini, karena selalu ditampilkan sebagai sosok jahat, kejam, dan ingin menghancurkan tatanan dunia. Namun justru disitu letak keseruannya, tanpa ras undead dunia fiksi akan hambar oleh aksi heroik para human. 

1. Dalam kisah Lord of the Ring (LOTR) dan Warcraft 

ras undead

 
contoh pertama ini merupakan contoh yang paling gampang dilihat tentang ras undead, secara gamblang kedua karya fiksi diatas melibatkan ras undead sebagai antagonis utama dalam cerita fiksi mereka. Dalam LOTR undead banyak sekali kemunculan tokoh-tokohnya antara lain, witch king Angmar, Nazgul, dan dead men's army Dunharrow

ras undead

Sedangkan gambaran ras undead dalam cerita Warcraft ditampilkan dalam bentuk kelompok, scourge, forsaken, dengan beberapa tokoh antara lain seperti, death knight, necromancer, lich king, dan lain-lain.

2. Dalam mitologi yunani undead digambarkan sebagai suatu bentuk makhluk yang mendiami dunia bawah (underworld). Hades si penguasa bawah mengontrol penuh jiwa-jiwa yang telah mati di permukaan.

3. Dalam dunia Mortal kombat konsep undead digambarkan sebagai penghuni dimensi Netherrealm, sebuah tempat dimana jiwa-jiwa buruk bersemayam. Tokoh ditempat ini yang mengusung konsep undead antara lain Qua Chi, Drahmin, lord Shinnok

4. Konsep undead juga muncul di karya Harry potter dan star wars, masing-masing diwakili oleh kelompok death eater, dan voldemort di cerita Harry potter. Sedangkan dalam dunia star wars konsep undead sangat kental dalam diri para sith lord, dan juga para pengikutnya.

5. Konsep tentang undead tidak harus dalam bentuk yang sangat fantasi, sekarang ini banyak konsep undead yang berkembang dengan konsep modern fantasi, dalam karya fiksi semisal Frankenstein, Count Dracula, dan juga Werewolves.

ras undead
 

Oke itulah tadi ulasan tentang ras fiksi undead, sebuah kelompok yang sangat ikonik dan tentu juga sangat dibutuhkan dalam setiap pengembangan sebuah karya fiksi. Tentu masih banyak ras-ras lainnya yang akan dikupas secara mendalam, ikutin terus ya hehehe.... ^_^

Ras Fiksi

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Darth Vader Sith Lord Terkuat