Beberapa Kumpulan Peta Dunia Fiksi

Tentang Peta Dunia Fiksi

Peta Dunia Fiksi

Dalam sebuah karya fiksi tidak lengkap rasanya jika tidak dilengkapi dengan penggambaran peta dunia fiksi. Karena dengan begitu kita dapat merasakan tentang konsep cerita yang disampaikan. Selain itu bentuk dari gambaran dunia fiksi tersebut mampu menambah daya tarik sendiri, dibawah ini akan ada ulasan sedikit tentang dunia-dunia fiksi yang berhasil saya kumpulkan :



1. Dunia Tengah (Lord Of the Ring)


Peta Dunia Fiksi
 

Dunia Tengah sering juga disebut dengan istilah Middle Earth, merupakan suatu konsep dunia dalam cerita fiksi fantasi Lord Of the Ring (LOTR). Menurut kisah dalam buku Silmarillion (jauh sebelum era LOTR) dikatakan bahwa Eru lluvatar menciptakan bumi sebagai tempat bagi para makhluk abadi, yaitu Ainur (Valar).

 Peta Dunia Fiksi

Para Valar inilah yang memiliki peranan dalam pembangunan Middle earth sebagai suatu bentuk tanggung jawabnya kepada sang pencipta Eru lluvatar.
Ras semacam hobbit, dwarf, orc, elf, dll merupakan buah kreasi dari para Valar ini, tujuannya adalah untuk mendiami dunia tengah untuk dihuni sebagai tempat bagi semua kehidupan.

2. Dunia Fiksi Realms (mortal kombat)

Peta Dunia Fiksi

 
Konsep dunia dalam Mortal Kombat (MK) dibagi dalam 7 jenis dimensi dunia. Karena MK itu sendiri bercerita tentang sebuah turnamen antar dimensi, dimana pemenangnya akan memiliki kuasa penuh terhadap dimensi lainnya.
Selain dunia dalam MK juga mengusung konsep dewa-dewa sebagai penyeimbang antar dimensi, agar tidak terjadi kekacauan. Mari kita lihat ketujuh dunia dalam MK dibawah ini :

A. Dunia Fiksi  Heavens


merupakan dimensi sakral yang berisi para Elder gods, dan juga tempat bersemayam bagi jiwa-jiwa yang tenang. Tidak terlalu banyak disinggung tentang dimensi ini dalam MK, namun yang jelas dimensi ini semacam tempat kembali yang menyenangkan bagi mereka yang telah mati.


Peta Dunia Fiksi

B. Dunia Fiksi Earthrealm


Sesuai dengan namanya, Earthrealm merupakan dunia dengan elemen penting dalam cerita MK itu sendiri. Karena Earthrealm digambarkan sebagai dimensi yang paling seimbang tatanan kehidupannya dibandingkan dengan dimensi yang lain. Gambaran Earthrealm sama persis dengan dunia nyata saat ini, memiliki sistem negara yang beragam, dan kepercayaan yang berbeda-beda.
Diatas merupakan contoh salah satu tempat dikawasan Earthrealm. Sebuah gambaran yang ideal bagi setiap kehidupan dalam dunia MK itu sendiri, itu sebabnya Earthrealm sering diserang oleh penghuni dimensi lainnya, terutama dari Outworld. Berikut ini contoh-contoh kawasan tempat di Earthrealm :



C. Dunia Fiksi Outworld


Merupakan suatu dimensi dengan karakteristik gelap dan tandus, dikawasan ini juga banyak tempat-tempat beracun sebagai ciri khas dimensi ini.
Ciri utama dimensi ini adalah dipimpin oleh Shao Khan, seorang kaisar tertinggi dalam dimensi Outworld ini. Memiliki ambisi untuk melakukan ekspandi ke lain dimensi untuk membangun dinasti yang sudah dia bangun selama ini. Itu sebabnya di seri pertama MK diceritakan tentang pertarungan antara wakil dari Earthrealm berhadapan dengan wakil dari Outworld.

D. Dunia Fiksi Edenia


Dimensi ini merupakan tempat yang memiliki karakteristik yang hampir sama dengan Earthrealm. Banyak diisi oleh hutan serta penghijauan lainnya, selain itu juga ekosistem dikawasan ini juga mirip dengan Earthrealm. Perbedaan mencolok terlihat dari struktur alamnya, Edenia banyak terdapat tebing-tebing sebagai tempat sentral pemerintahan mereka. Konsep Edenia sendiri lebih mirip seperti dunia Elf dalam kisah-kisah fiksi fantasi lainnya, tempat dimana setiap makhluk bersikap selaras degnan alam, dan tidak merusak ekosistem yang ada.

E. Dunia Fiksi Netherrealm


 Merupakan kawasan yang lebih buruk lagi dibandingkan Outworld. Ditempat ini tidak ada keserasian antar ekosistem alam, dan hanya berisi kawasan tandus, gersang, penuh dengan gunung volcano, dan banyak terdapat kolam lava pijar didalamnya. Jika dimensi Outworld sangat kental dengan nuansa gelap dan seram, tidak dengan Netherrealm, disini semua berjalan lebih parah lagi. Dimensi ini sekilas mirip dengan neraka, lengkap dengan siksaan bagi jiwa-jiwa yang terkutuk.

F. Dunia Fiksi Orderrealm



Merupakan dimensi yang menempatkan keteraturan diatas apapun. Orderrealm sendiri memiliki konsep dimensi yang futuristik lengkap dengan pola kehidupan masyarakatnya yang sangat menjunjung tinggi atura hukum yang berlaku. Ciri khas dimensi ini adalah banyaknya terdapat bangunan-bangunan tinggi modern, serta bangunan piramid sebagai sentral pemerintahannya.

G. Dunia Fiksi Chaosrealm

Sebuah tempat yang tidak memiliki aturan yang memikat, tidak ada bentuk pemerintahan didalamnya, ini merupakan tempat kebalikan dari Orderrealm itu sendiri. Para penduduk dimensi ini menganggap Chaos sebagai suatu keyakinan tersendiri, dan tidak ada aturan yang mengikat untuk semua hal dalam dimensi ini.

3. Dunia Fiksi Yggdrasil, pohon kehidupan (mitologi skandinavia)

 Peta Dunia Fiksi
 

Dalam bangsa nordik Yggdrasil sering digambarkan bentuknya seperti sebuah pohon besar, lengkap dengan cabang-cabangnya yang menghubungkan masing-masing dunia. Bisa dibilang bahwa Yggdrasil ini merupakan tempat penyokong bagi dimensi-dimensi yang bersemayam.

Peta Dunia Fiksi


Pohon kehidupan sendiri terdapat 9 dimensi didalamnya yaitu :
- Asgard (tempat para dewa tertinggi tinggal)
- Vanaheimr (tempat dewa-dewa mulia tinggal, dibawah dari level Asgard)
- Alfheim (tempat para ksatria elf tinggal bersemayam)
- Midgard (tempat para manusia tinggal, bisa juga disebut sebagai bumi)
- Jotunheimr (kawasan dunia yang diisi oleh para raksasa)
- Svartalheim (tempat para dark elf bersemayam)
-Nidhavellir   (tempat dimana bangsa Dwarf tinggal)
- Nivlheim (kawasan diselimuti es dengan seekor naga sebagai penguasa didalamnya, seperti tempat hukuman bagi mereka yang membangkang)
- Muspellheim (tempat seperti neraka dengan para raksasa dengan kulit lahar didalamnya)

*Akan ada pembahasan lanjutan untuk konsep dunia Yggradsil ini ^_^

4. Dunia Fiksi Hogwarts 

Peta Dunia Fiksi

 
Dalam cerita Harry Potter, Hogwart merupakan kawasan bagi para murid yang ingin belajar ilmu sihir. Alur cerita Harry Potter banyak yang berlatar belakang sekolah sihir ini, itu sebabnya kawasan ini merupakan tempat yang ikonik bagi para penggemar seri Harry Potter.

Peta Dunia Fiksi

Ada banyak kawasan disekitar Hogwarts itu sendiri, masing-masing kawasan memiliki karakteristik tersendiri, dan itu bisa dilihat dari contoh gambar diatas.

Itulah tadi beberapa konsep dunia fiksi dalam suatu karya yang sudah ada saat ini, tentu masih banyak konsep dunia fiksi lainnya yang akan diulas lebih dalam lagi. Mohon di subscribe dan di share ya hehehe.... ^_^

Ras Fiksi

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Darth Vader Sith Lord Terkuat