Darth Vader Salah Satu Sith Terkuat Dalam Dunia Star Wars

Heloo sobat DuniaFiksi kali ini kami akan mengulas habis hingga tuntas perihal sosok fiksi ikonik yaitu Darth Vader. Ini sosok karakter yang keren banget guys, dari segi build-up karakter Darth Vader itu kuat banget, kuy kita lihat sejarah hingga kekuatan dari Lord of the dark side yang satu ini :

 Sith Terkuat


Percakapan antara Qui Gon dengan Anakin :

 

"Apakah Kamu yakin Kamu adalah The Choosen one?"

"Bagaimana aku bisa tau?"

"Aku dapat memberi tau Kamu apa yang aku yakini. Aku yakin Kamu akan membawa keseimbangan pada the Force. Bahwa Kamu akan menghadapi iblis dalam dirimu dan menyelamatkan alam semesta." ―Qui-Gon Jinn dan Anakin Skywalker

 

Itu tadi percakapan Qui Gon Jinn guys, seorang senior jedi master yang kuat punya kemampuan visi dimana dia nerawang bahwa Anakin ini bakalah jadi sosok penyeimbang. Qui Gon juga menjadi guru bagi Anakin sebelum nanti dia tewas di tangan Sith Lord yang powerfull yaitu Darth Maul

 

Sejarah Singkat Darth Vader

 Sith Terkuat

Anakin Skywalker adalah Ksatria Jedi laki-laki dari Galactic Republic dan the Chosen One of the Force. Selama Clone Wars, prestasinya sebagai Jedi General membuatnya mendapatkan julukan Hero With No Fear. Setelah beralih ke sisi gelap the Force, ia dikenal sebagai Darth Vader.

 

Penguasa Kegelapan alias Sith Lord dan sebagai Murid dari Galactic Emperor Darth Sidious. Sebagai Sith Lord, Vader berbalik melawan mantan rekan-rekannya dan memburu Jedi yang masih hidup hingga hampir punah.

 Sith Terkuat


Dia menjadi penegak Kekaisaran Galaksi, dan bekerja untuk menghancurkan Aliansi untuk Memulihkan Republik karena menentang keinginan Sith Master-nya. Namun terlepas dari tindakannya sebagai Darth Vader, secercah cahaya sisi light Force tetap ada di dalam dirinya

 

Jadi Anakin Skywalker merupakan sosok awal dari Darth Vader guys, dia merupakan jedi terkuat yang pernah ada, bahkan Qui gon Jinn guru Anakin yakin banget kalo Force Anakin itu besar banget bisa untuk menjaga keseimbangan Galaksi, namun ternyata dia jatoh ke dalam Dark Side karena ambisi pribadi.

 

Karakter Darth Vader

 

Setelah Anakin Skywalker akhirnya milih nyemplung ke jalur Dark Side,  Karakter manusia sebagai sosok Anakin Skywalker praktis hilang tidak ada lagi. Berganti menjadi sosok aura Sith Lord dalam wujud Darth Vader dengan tubuh cyberneticnya (luka parah abis gelut lawan Obi Wan)

 Sith Terkuat


Vader sekarang sangata kuat dan menakutkan, didorong oleh amarah, dan kepercayaan dirinya yang berlebihan hingga menjadi arogansi, namun, setelah kekalahan dan cedera horror di pertarungan Mustafar, dia tidak lagi sombong dan terlalu percaya diri seperti dia sebelumnya.

 

*Jadi pas masih jadi Anakin Skywalker dia itu rada songong guys, karena force nya sebagai Jedi tuh kuat banget sampai smua lawannya dilibas, easy lah pokoknya buat Anakin. Tapi pas dia cedera parah dia jadi ga songong tapi jadi makin kejam…

 

Tidak seperti kebanyakan anggota Sith Order, Vader tidak hanya mampu mengakui kesalahannya, tapi juga belajar darinya (Sith Lord tuh kebanyakan songong orangnya karena PEDE sama force yg mereka miliki beda sama Vader yang penuh perhitungan karena trauma pernah kalah sebelumnya.)

 Sith Terkuat

Karena kejadian di Mustafar, membuat kesombongannya sebagai pemegang Force terkuat menjadi melunak namun tidak menghentikan kekejamannya baik kepada musuh maupun kepada bawahannya.

 

Kepribadian Darth Vader

 

Karakter yang Serius, ketat pada peraturan, menakutkan (dia diem aja bawahannya pada takut guys, ibaratnya klo di one Piece, HAKI nya komplitlah)

 

Karakter yang agresif, brutal, kejam ketika bertarung, pokoknya barbar banget deh klo udah fight, pilihannya cuman 1 : kalian yang wipe out atau gue yang cingout.

 

Video Darth Vader Barbar Savage : 

 


video diatas momen dimana Anakin udah dianggap sebagai Vader terlihat dari anggota separatis yang nyambut dia dengan manggil Vader eh malah di bantai semuanya, kejam ckckck (Dark side udah masuk ke Anakin endingnya fight lawan Obi-wan)

 

 

Dan yang kerennya lagi walau dia barbar Vader melakukan itu semua tanpa emosi, dingin, kejam, jahat, tenang, kadang ga sabaran juga(kadang-kadang), obsesif, bertekad, cerdas, antagonis, berkonflik dengan siapa aja yang ga sepaham

 

Penampilan Darth Vader

 

Tinggi Jangkung, memakai baju besi hitam, helm hitam berfungsi sebagai alat bantu pernapasan dan Sistem Pendukung Kehidupan yang menutupi tubuhnya yang terbakar, dan anggota badan cybernetic.

 Sith Terkuat

 

Kekuatan Darth Vader

 

  • Power of the Force: Sebagai Yang Terpilih, Vader sangat kuat dan memiliki koneksi yang sangat kuat dengan the Force, lebih kuat dari pengguna Force mana pun yang pernah ada, dia juga memiliki potensi untuk menjadi pengguna Force paling kuat dalam sejarah. galaksi. Seperti yang dikonfirmasi oleh Obi-Wan Kenobi; Potensi Vader dalam kekuatan melampaui bahkan Yoda, dan Sheev Palpatine di puncak sana.
  • Telekinesis: Vader dapat secara telekinetik memindahkan objek atau individu lain tanpa menyentuhnya secara fisik
  • Telekinesis: Vader dapat secara telekinetik memindahkan objek atau individu lain tanpa menyentuhnya secara fisik
  • Force Pull: Vader dapat secara telekinetik menarik lawan atau benda ke arahnya.
  • Force Wave: Vader dapat melepaskan gelombang energi Force murni yang memukul mundur dan menangkis apa pun dalam radius ledakan kekuatan atau mendorong banyak lawan secara bersamaan.
  • Force Repulse: Vader dapat menghasilkan ledakan telekinetik yang akan meledakkan apa pun dalam radius ledakan kekuatan, memungkinkannya untuk mengusir lawan dan menghancurkan rintangan.
  • Force Flight: Vader dapat secara telekinetik melayang atau memperlambat kejatuhannya ke tanah.
  • Force Choke: Vader dapat mencekik lawannya secara telekinetik untuk melemahkan, membunuh, atau mengintimidasi mereka.
  • Force Crush: Vader dapat menghancurkan objek atau droid secara telekinetik.
  • Force Throw: Vader dapat secara telekinetik objek dan individu lain, untuk dilemparkan ke arah target dengan kecepatan yang mencengangkan; Vader menggunakan kemampuan ini dalam konfrontasi keduanya melawan putranya Luke Skywalker.
  • Force Barrier: Vader dapat membuat penghalang atau dinding energi Force di depan atau di sekitar dirinya atau sekutunya.
  • Saber Throw: Vader bisa secara telekinetis memandu lightsabernya ke arah lawannya; mirip dengan bumerang atau shuriken.
  • Force Vision: Vader bisa melihat visi masa lalu, masa kini dan masa depan; Namun, seperti semua pengguna Force, penglihatannya tidak selalu jelas atau terkadang dia mendapat penglihatan tanpa peringatan.
  • Force Sense: Vader bisa merasakan emosi makhluk hidup lain, masa depan, riak dalam the Force yang disebabkan oleh peristiwa penting atau traumatis, bahaya yang akan datang dan kehadiran sisi terang atau gelap lainnya.
  • Force Jump: Vader bisa melompat atau melompat jauh, meskipun dia jarang menggunakan kekuatan Force ini; karena keterbatasan jasnya dan sibernetika yang berat.
  • Force Dash: Vader bisa bergerak dengan kecepatan luar biasa.
  • Focused Rage: Vader dapat menyalurkan amarahnya untuk memperkuat kekuatan, daya tahan, daya tahan, kecepatan, keganasan, agresi dan potensi kekuatan tempur / serangannya.
  • Force Stealth: Vader dapat menyembunyikan kehadirannya dari pengguna Force lainnya.
  • Ruang Lipat: Vader dapat mengangkut apa saja melintasi ruang angkasa. Dia hanya bisa melakukan prestasi seperti itu dengan bantuan gerbang kosmik yang dibuat di dalam istananya.
  • Teleportasi: Vader bisa membuka lubang cacing, tapi itu sangat sulit dan menyakitkan untuk melakukannya

 

Kekuatan Cybernetic: Vader itu punya force level yang OP banget guys, ditambah lagi dia dalam tubuh cyborg gtu, jadi kekurangannya sebagai manusia tertutupi dengan armor Sith nya.

 

Kemampuan Darth Vader

 

Master Lightsaber Duelist: Vader adalah duelist lightsaber yang sangat terampil, karena dia adalah duelist lightsaber paling mematikan dalam sejarah galaksi; hanya disaingi oleh putranya, Luke Skywalker.

 

Seperti yang dikonfirmasi oleh Obi-Wan Kenobi, keterampilan tempur lightsaber Vader bahkan melampaui Yoda dan Palpatine. Namun, setelah dibakar hidup-hidup di Mustafar dan dipaksa menjadi cyborg, dia (tampaknya) tidak pernah mencapai potensi penuhnya, karena pakaian lapis bajanya sangat membatasi mobilitasnya.

 

Meski begitu, Vader masih menjadi salah satu duelist lightsaber paling mematikan dalam sejarah galaksi. Dia berspesialisasi dalam menggunakan keterampilan tempur lightsaber, berat, daya tahan, dan kekuatan kasarnya untuk membanjiri lawan-lawannya dalam kebingungan atau kelelahan.

 Sith Terkuat


*Vader punya durabilitas tanpa batas xixixi, dia emang ga lincah tapi fight selama seminggu bolehlah diadu yakan…

 

Master Pilot: Bahkan sebelum Vader jatuh ke sisi gelap, dia dipuji sebagai pilot bintang paling terampil dalam sejarah galaksi, reputasi yang dia jalani ketika dia sendirian hampir menghancurkan Skuadron Phoenix, dengan mudah menerbangkan seluruh armada mereka dan memaksa komando mereka untuk meninggalkan kapal; Keterampilan piloting Vader hanya dapat disaingi oleh putranya, Luke Skywalker.

 Video Yang Menunjukkan Laser Gun geli geli dihadapan Darth Vader

 

 

Ahli Petarung Tangan kosong: Vader adalah petarung tangan kosong yang sangat terampil; meskipun dia biasanya menggunakan kekuatan kasarnya terhadap orang lain, memungkinkan dia untuk mengalahkan orang lain yang ga kuat di combat tangan kosong.

 

Expert Marksman: Meski jarang terlihat; Vader sangat ahli dalam menggunakan pistol peledak.

 

Master Engineer: Bahkan sebelum Vader jatuh ke sisi gelap, dia sangat ahli dalam bidang teknik, dia secara pribadi dapat memperbaiki kapal luar angkasa untuk mempertahankan keahliannya.

 Sith Terkuat

Itulah tadi beberapa sisi tentang Darth Vader, sekarang kita lihat kuy bebeapa fakta unik menarik asik tentang Darth Vader dibawah ini :

 

Fakta Unik Darth Vader

 Sith Terkuat

 

1. Dia Membantai Beberapa Pasukan Klon Setelah Order 66

 

Setelah mengambil nama Darth Vader, dia memanggil legiun pasukan favoritnya saat melaksanakan Order 66, yang mengakibatkan kehancuran Kuil Jedi. Namun komik Darth Vader baru-baru ini mengubah status hubungan akrabnya dengan Clone Troopers.

 Sith Terkuat

Serial komik dimulai setelah peristiwa yang ditunjukkan di Revenge of the Sith, dengan Palpatine mengatur Vader dalam upaya untuk membuat lightsaber merah ikoniknya dan untuk membuktikan dirinya sebagai murid Sith yang setia. Quest tersebut mengharuskan dia untuk menemukan Jedi yang tersisa. Informasi yang dicari Vader adalah di atas kapal yang penuh dengan Pasukan Klon, yang melucuti artefak Jedi dari kapal itu.

 

Ketika Vader menaiki kapal, Clone on-board tidak mengenalinya karena dia sekarang mengenakan setelan itu karena luka-lukanya di Mustafar. Pasukan akhirnya mencoba menghentikannya, yang memaksa Vader untuk memusnahkan mereka sehingga dia dapat memperoleh informasi yang dia butuhkan.

 

2. Dia Mencoba Mencekik Palpatine

 

Adegan terkenal Vader yang berteriak "Tidak!" di akhir Revenge of the Sith, adalah akibat dari dia menerima kabar kematian Padme. Dalam film tersebut, Palpatine hanya tersenyum saat Vader berteriak putus asa, namun komik tersebut membawa penderitaannya selangkah lebih maju. Vader menggunakan the Force untuk melemparkan Palpatine ke dinding dan melanjutkan untuk mencoba dan Force-choke dia.

 

Sayangnya, Kaisar menggunakan kekuatannya sendiri untuk menghentikan Vader melakukan kerusakan lagi. Palpatine kemudian memberi tahu muridnya bahwa satu-satunya pilihannya adalah merangkul sisi gelap atau mati.

 

Vader mengalah, menyadari hidup bersama tuan barunya adalah satu-satunya cara untuk maju. Palpatine mulai menyetrum Vader dengan Force lightning untuk memastikan ketundukannya.

 

Ini juga merupakan awal yang bagus untuk peristiwa Return of the Jedi, ketika Vader akhirnya mengalahkan tuannya dengan bantuan Luke.

 

3. Dia Mengunjungi Mausoleum Padme di Naboo

 

Kematian Padme adalah sumber utama kemarahan Vader, yang mendorongnya menjadi penjahat tangguh yang disaksikan di Rogue One dan trilogi aslinya.

 

Foto-foto indah tragis dari Vader yang sedang berduka di mausoleum, menjadi bukti cinta yang masih dia miliki untuk istrinya yang telah meninggal. Di bawah amarah dan kekuatan yang membuatnya ditakuti di seluruh galaksi, dia masih sangat mencintai Padme.

 

Kisah cinta tragis inilah yang menjadikan Vader salah satu karakter paling kompleks dan menarik dalam serial Star Wars dibandingkan Sith Lord Lainnya

 

4. Dia Mencoba Menyembuhkan Paru-parunya

 

Unsur lain dari karakter Vader yang sering dijumpai adalah ia benci memakai topeng hitamnya. Sementara topeng itu membantu Vader untuk bernapas, mengikuti luka parah yang dideritanya setelah duelnya dengan Obi-Wan.

 

Asap tebal yang dihasilkan oleh lava di Mustafar menyebabkan kerusakan parah pada paru-parunya, membuatnya hampir tidak mungkin bernapas tanpa helm. Vader pernah mencoba menggunakan Force untuk memperbaiki kerusakan saat dia menjelajahi kekuatan sisi gelap. Jelas, usahanya tidak berhasil karena dia terus memakai topeng sepanjang film.

 

Akhir Episode VI adalah satu-satunya saat para penggemar diperlihatkan wajah Vader, sebelum pengenalan Anakin di prekuel.

 

5. Dia Kembali Ke Mustafar Untuk Membuat Lightsaber Merahnya

 Sith Terkuat


Ketika Obi-Wan mengambil lightsaber Anakin setelah mengalahkannya di Mustafar, Anakin tidak punya pilihan selain membuat yang baru. Palpatine memerintahkan Anakin untuk menemukan Jedi terakhir yang selamat dari kejatuhan Order 66, yang dibunuh oleh Vader. Dia kemudian mengambil kristal kyber dari lightsaber Jedi, dan merusak kristal di Mustafar untuk mengubahnya menjadi merah. Hal tersebut terungkap dalam komik Darth Vader: 1.

 

Planet ini dipastikan kuat dari sisi gelap the Force, menyediakan tempat yang sempurna bagi Vader untuk merusak kristal kyber dan membuat lightsabernya. Koneksi pribadinya yang kuat dengan planet ini, serta kekuatan mentah yang diperoleh dari laharnya, membantu menjelaskan mengapa Mustafar adalah rumah yang sempurna bagi penjahat ikonik di Rogue One.

 

6. Vision Berantem Dengan Palpatine Dan Mencari Pengampunan Obi-Wan

 

Saat berada di Mustafar untuk merusak kristal kyber dan membuat lightsabernya, Vader berakhir di sebuah gua. Mirip dengan gua di Dagobah yang menguji Luke dalam The Empire Strikes Back, gua ini juga menguji Vader dengan sebuah penglihatan, meski jauh berbeda.

 

Visi tersebut menunjukkan masa depan di mana Vader gagal untuk terus merangkul sisi gelap. Bahkan, Vader menantang Palpatine untuk berduel sampai mati. Dengan penggunaan lightsaber hijau, Vader berhasil mengalahkan Palpatine dan membunuhnya.

 

Penglihatan itu tidak berakhir di sana karena Vader kemudian menghadapi Obi-Wan. Dia membungkuk di depan teman lamanya dan melepas helmnya, meminta pengampunan. Visi terus memudar, meninggalkan Vader untuk melanjutkan misinya.

 

7. Banyak Tulangnya Diganti Setelah Duel Di Mustafar

 

Sith Terkuat

Kerusakan yang terjadi pada tubuh Vader di Mustafar sulit untuk disaksikan. Dia tidak hanya kehilangan sebagian besar anggota tubuhnya, mengalami luka bakar yang parah, dan kesulitan bernapas, tetapi banyak dari tulangnya yang rusak parah juga. Dalam buku Darth Vader: A 3-D Reconstruction Log, merinci berapa banyak tulangnya yang rusak perlu diganti dengan komponen buatan.

 

Tingkat rekonstruksi fisik selanjutnya mendorong kutipan terkenal Obi-Wan dalam Return of the Jedi bahwa

Dia sekarang lebih terlihat seperti mesin daripada seorang manusia.

 

Mesin itu bukan hanya helm dan setelan di sekelilingnya, tetapi juga diperluas ke elemen buatan di tulangnya dan di bawah kulitnya yang terbakar dan bekas luka. Selain itu jika kalian fans Star wars sejati, quote Obi Wan diatas mengandung banyak arti.

 

  • Obi Wan menggunakan Force visionnya kepada Vader untuk melihat lebih jauh tentang fisiknya
  • Hasil scanning Force membuat Obi Wan sadar bahwa Vader udah game-over sebagai The Choosen One.
  • Obi Wan sadar betul bahwa dia bukanlah orang yang mampu mengalahkan Vader ketika itu

 

8. Dia tahu Luke Apakah Putranya Dari Boba Fett

 

Pengungkapan bahwa Darth Vader adalah ayah Luke begitu mendarah daging dalam budaya populer, hal itu dianggap sebagai pengetahuan umum. Trilogi prekuel mengajukan pertanyaan: Bagaimana Vader mengetahui tentang anak-anaknya, mengingat Palpatine memberi tahu Vader bahwa dia bertanggung jawab atas kematian istrinya?

 Sith Terkuat

Komik Star Wars 6: Skywalker Strikes, Bagian VI menjawab pertanyaan ini dengan gemilang. Ini menampilkan Vader terobsesi untuk menemukan pilot pemberontak yang meledakkan Death Star, karena dia dapat merasakan dengan sensitivitas force yang dimilikinya.

 

Vader memutuskan untuk mengirim pemburu hadiah ke seluruh galaksi untuk melacak pilot yang dicurigai. Pemburu bayaran terkenal Boba Fett adalah orang yang akhirnya menemukan Luke dan menemukan nama keluarganya adalah Skywalker.

 

Hal ini membuat Vader menyadari bahwa Padme melahirkan sebelum dia meninggal dan dengan sempurna mengatur perburuan tanpa ampun Vader untuk Luke di The Empire Strikes Back

 

Itulah tadi beberapa ulasan singkat namun Panjang dari mimin semoga bisa memberikan referensi ya bagi pembaca semua, jangan lupa subscribe blog Justforfantasy untuk info selanjutnya. Oh iya next update mungkin bakalan bahas Sith Lord Star Wars selain Darth Vader ya, jadi ikuti terus oke, byee for now…